
Foto: mengemudi. ©2013 yuuhu.info
Oleh: Defri Putra
Yuuhu.info, sebenarnya untuk teknik mengemudi ini bisa di bilang gampang gampang susah, terutama untuk seorang pemula yang baru akan memulai untuk belajar. alangkah baiknya anda mencoba meminta bantuan kepada seseorang yang sudah mahir mengemudi dan memiliki SIM ( Surat Izin Mengemudi ) atau seorang instruktur pelajaran mengemudi. jika tidak, anda bisa menerapkan beberapa teknik ini sebagai panduan dasar belajar teknik mengemudi.
Sebelum mulai belajar mengemudi, ada baiknya anda memahami setiap panel dan tanda indikator yang ada di dashbord mobil anda tersebut. mulai dari panel penerangan, rana rambu, aksesoris juga indikator lampu tanda tanda peringatan. umumnya setiap panel berfungsi sama, hanya saja di setiap mobil memiliki letak dan gaya yang berbeda begitu juga dengan indikator. panel ini meliputi wiper, sen, hazard, lampu kepala, lampu kabut, tuas handrem dsb. untuk indikator sendiri seperti radiator, battray, handrem juga lainnya. jadi jika anda sudah memahami hal tersebut semua itu akan membuat anda semakin mudah untuk belajar teknik mengemudi dengan baik. Saran saya, lebih baik anda gunakan mobil yang menggunakan transmisi manual atau berkopling untuk belajar teknik mengemudi agar nanti jika anda bertemu dengan matic bisa lebih mudah memahaminya.
Setelah dirasa paham dengan semua panel dan idikator dalam mobil, mulailah dengan melatih kebiasaan pada tranmisi dan kopling. hal ini bisa anda pelajari diarea lapangan yang luas atau di area tertentu yang anda rasa cukup luas untuk ini. awal mula berlatihlah menguasai cara mengoprasikan transmisi hingga lancar, dengan berputar di area lapangan atau area yang anda tempati, ulangi ini hingga anda tidak lagi mengalami kesulitan yang membuat mobil tersendat dan mati tiba tiba, aplikasikan di jalan lurus untuk lebih menjadikan anda mahir. usahakan saat anda melakukan ini, cobalah untuk melihat dan memahami jarak pandang sepion kanan kiri dan tengah dan juga jangan lupa untuk berlatih mengoprasikan mobil maju dan mundur.
bila anda sudah memahami cara mengoprasikan transmisi, haluan sepion dan panel saatnya anda melatih haluan kanan depan kiri dan belakang saat berbelok. kebanyakan, berbelok ke kanan lebih sulit untuk pemula di bandingkan dengan teknik berbelok kekiri. kesalahan yang sering terjadi adalah mengambil jalur milik pejalan lain dan menyerempetnya bemper depan kiri, jadi untuk ini usahakan anda memahami teknik haluannya. ini bisa anda pelajari dijalan yang memiliki belokan ringan usahan dengan pemandu.
jika semuanya sudah anda kenal, pahami dan mengerti, saatnya kita membahas yang sedikit lebih sulit yaitu menanjak, dalam hal ini hal yang di perlukan adalah pahamnya anda menggunakan transmisi dan aplikasikan kopling. misal: dalam posisi menanjak, macet dan tiba tiba berhenti apa yang harus dilakukan? jika anda belum mahir dan mengerti tekni ini, hindari mengemudi di jalan menanjak yang ramai dan macet. untuk ini, ada dua teknik yaitu mengaplikasikan kopling dan transmisi besar ( satu ) umumnya atau menggunakan handrem. anda bisa melatih ini di jalan yang anda anggap sesuai dengan kesulitan apa yang ingin anda latih. hal ini juga termasuk dengan parkir menanjak hadap menurun atau menanjak yang perlu anda latih mulai dari awal anda melatih teknik mengemudi anda.
dan yang terakhir adalah parkir, parkir ini juga terkadang memiliki kesulitan tersendiri seperti parkir horizontal atau pararel. sebaiknya anda melatih ini dengan parkir mundur di area yang terbilang pas seperti garasi rumah perkotaan atau perumahan. demikian adalah secuil dasar panduan mengemudi untuk pemula. mengemudi itu tidak bisa di targetkan sehari bisa, seminggu mahir dan sebulan balapan. tapi mengemudi ini adalah hal yang menggunakan naluri. untuk ngebut tidak ada saran disini, karena itu nanti akan muncul dengan sendirinya tergantung dengan kemampuan seseorang yang berbeda. saya sendiri butuh waktu 4 bulan untuk memahami teknik mengemudi. belajar sejak kelas 2 smp hingga kini mahasiswa. semoga ini bisa jadi panduan dasar anda untuk belajar dan jangan lupa untuk memahami rambu rambu juga marka yang ada.
Sebelum mulai belajar mengemudi, ada baiknya anda memahami setiap panel dan tanda indikator yang ada di dashbord mobil anda tersebut. mulai dari panel penerangan, rana rambu, aksesoris juga indikator lampu tanda tanda peringatan. umumnya setiap panel berfungsi sama, hanya saja di setiap mobil memiliki letak dan gaya yang berbeda begitu juga dengan indikator. panel ini meliputi wiper, sen, hazard, lampu kepala, lampu kabut, tuas handrem dsb. untuk indikator sendiri seperti radiator, battray, handrem juga lainnya. jadi jika anda sudah memahami hal tersebut semua itu akan membuat anda semakin mudah untuk belajar teknik mengemudi dengan baik. Saran saya, lebih baik anda gunakan mobil yang menggunakan transmisi manual atau berkopling untuk belajar teknik mengemudi agar nanti jika anda bertemu dengan matic bisa lebih mudah memahaminya.
Setelah dirasa paham dengan semua panel dan idikator dalam mobil, mulailah dengan melatih kebiasaan pada tranmisi dan kopling. hal ini bisa anda pelajari diarea lapangan yang luas atau di area tertentu yang anda rasa cukup luas untuk ini. awal mula berlatihlah menguasai cara mengoprasikan transmisi hingga lancar, dengan berputar di area lapangan atau area yang anda tempati, ulangi ini hingga anda tidak lagi mengalami kesulitan yang membuat mobil tersendat dan mati tiba tiba, aplikasikan di jalan lurus untuk lebih menjadikan anda mahir. usahakan saat anda melakukan ini, cobalah untuk melihat dan memahami jarak pandang sepion kanan kiri dan tengah dan juga jangan lupa untuk berlatih mengoprasikan mobil maju dan mundur.
bila anda sudah memahami cara mengoprasikan transmisi, haluan sepion dan panel saatnya anda melatih haluan kanan depan kiri dan belakang saat berbelok. kebanyakan, berbelok ke kanan lebih sulit untuk pemula di bandingkan dengan teknik berbelok kekiri. kesalahan yang sering terjadi adalah mengambil jalur milik pejalan lain dan menyerempetnya bemper depan kiri, jadi untuk ini usahakan anda memahami teknik haluannya. ini bisa anda pelajari dijalan yang memiliki belokan ringan usahan dengan pemandu.
jika semuanya sudah anda kenal, pahami dan mengerti, saatnya kita membahas yang sedikit lebih sulit yaitu menanjak, dalam hal ini hal yang di perlukan adalah pahamnya anda menggunakan transmisi dan aplikasikan kopling. misal: dalam posisi menanjak, macet dan tiba tiba berhenti apa yang harus dilakukan? jika anda belum mahir dan mengerti tekni ini, hindari mengemudi di jalan menanjak yang ramai dan macet. untuk ini, ada dua teknik yaitu mengaplikasikan kopling dan transmisi besar ( satu ) umumnya atau menggunakan handrem. anda bisa melatih ini di jalan yang anda anggap sesuai dengan kesulitan apa yang ingin anda latih. hal ini juga termasuk dengan parkir menanjak hadap menurun atau menanjak yang perlu anda latih mulai dari awal anda melatih teknik mengemudi anda.
dan yang terakhir adalah parkir, parkir ini juga terkadang memiliki kesulitan tersendiri seperti parkir horizontal atau pararel. sebaiknya anda melatih ini dengan parkir mundur di area yang terbilang pas seperti garasi rumah perkotaan atau perumahan. demikian adalah secuil dasar panduan mengemudi untuk pemula. mengemudi itu tidak bisa di targetkan sehari bisa, seminggu mahir dan sebulan balapan. tapi mengemudi ini adalah hal yang menggunakan naluri. untuk ngebut tidak ada saran disini, karena itu nanti akan muncul dengan sendirinya tergantung dengan kemampuan seseorang yang berbeda. saya sendiri butuh waktu 4 bulan untuk memahami teknik mengemudi. belajar sejak kelas 2 smp hingga kini mahasiswa. semoga ini bisa jadi panduan dasar anda untuk belajar dan jangan lupa untuk memahami rambu rambu juga marka yang ada.

Langganan berita!
|